Menangis,Diajar Veteran Para Siswi SMP Muhammadiyah 15.

Suara tangisan muncul disela-sela jendela kelas 9F ,mereka tampak tertegun dan meneteskan air mata sedikit demi sedikit ketika kami melihat di luar jendela.

Tampak 2 orang laki-laki berseragam coklat duduk di tengah kelas dengan melihat ke arah para siswi kelas 9F. Tangisan semakin terdengar dan kamipun bergegas masuk ke kelas 9F.

Dengan ucapan assalamualaikum kami membuka pintu kelas dan mereka menyahuti nya, akhir nya kami pun ikut bergabung di kelas 9F.

Kelas 9F yang mendapat kunjungan dari Veteran ini tampak antusias mendengarkan cerita perebutan wilayah Indonesia dan bagaimana rakyat serta para tentara yang berusaha mempertahankan tanah air Indonesia.Para Veteran bercerita dengan semangat dan mengebu-gebu terlihat jelas begitu semangatnya sampai mereka sendiripun tidak menyadari kalau usia mereka sudah 80 Tahun. Para siswi  memperhatikan dengan seksama sambil terenyuh dan menangis haru nampak mereka masuk dalam waktu dimasa perebutan untuk mempertahankan Tanah air tercinta."Bangsa yang Hebat adalah Bangsa yang Menghormati Jasa para Pahlawannya" kata Amarsijo yang mengutip perkataan dari Bung Karno.

Dia juga menambahkan "SMP Muhammadiyah 15 Surabaya adalah sekolah yang hebat karena telah memfasilitasi kami para veteran untuk bisa menceritakan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia .

Menurutnya generasi sekarang harus mengetahui sejarah bangsa nya agar kedepannya mereka lebih nasionalisme dan patriotisme serta lebih mengedepankan budaya sendiri dari pada budaya barat yang negatif.

Tugas kalian sekarang memang tidak memanggul senjata. Tapi dengan mengharumkan nama bangsa, degan cara apa? Yaitu melaksanakan pendidikan sesuai yang dijadwalkan. Membawa nama baik orang tua, keluarga, sekolah, bangsa dan negara di manapun kalian berada. Kalian harus memberikan kemanfaat bagi orang lain jangan sampai kalian hidup tapi menjadi beban hidup orang lain,kalian harus bisa bertahan hidup dengan memberikan kehidupan (dampak positif) kesesama.Kami berharap kalian ini mampu menjadi anak teladan," ujar Amarsijo.Kaur Kurikulum SMP Muhammadiyah 15 Surabaya Surabaya, Luki Retnowati menyampaikan bahwa acara ini terlaksana agar kita memahami sejarah dan belajar lebih banyak terkait bangsa Indonesia dalam menghayati nilai - nilai luhur pancasila dan jiwa patriotisme pada anak didik.Untuk itu kami berterima kasih terhadap dinas terkait yang sudah memilih SMP Muhammadiyah 15 Surabaya sebagai sekolah yang dikunjungi oleh para veteran.

Kami mengharap, setiap hari mampu melaksanakan nilai patriotisme dan luhur bangsa dalam kegiatan sehari-hari. Hal itu termasuk belajar, menghormati orangtua, beribadah baik sehingga dapat mencapai kesuksesan."Pungkasnya".

Komentar